Assessment & Psychodiagnostic

  • Kegiatan psikotest reguler diperuntukan bagi calon karyawan, dan karyawan dari perusahaan yang diutus datang ke PPSDM Consultant untuk psikotest.
  • Psikotest Reguler adalah Psikotest yang diselengarakan oleh PPSDM Consultant, bertempat di kantor PPSDM Consultant, setiap hari kerja (Senin – Jumat) dari mulai pukul 08.30 – selesai.
  • Program lain yang termasuk dalam psikotest reguler:
    1. Psikotest rekrutmen calon karyawan, evaluasi
    2. Assessment test
    3. Assessment center
    4. Warid Belajar: test penelusuran minat dan bakat siswa (SMP, SMA, Mahasiswa)
    5. Test Kematangan Sekolah: test untuk melihat kesiapan anak masuk ke SD, ditujukan untuk Siswa TK yang hendak masuk ke SD atau SD kelas 1
  • Teknis:
    1. Konfirmasi tentang test ke psippsdm@yahoo.com atau 021 – 7940525
    2. Silakan kirimkan calon karyawan atau karyawan Anda ke PPSDM Consultant, dengan membawa undangan test resmi dari perusahaan
  • Kegiatan: paper & pencils test dan wawancara
  • Kapasitas ruangan menampung ± 35 orang
Adalah test yang dimaksudkan dalam rangka evaluasi karyawan – untuk melihat sejauhmana kompetensi dan potensi karyawan selama menjadi karyawan diperusahaan Anda, pada akhirnya hasil test karyawan dirangking dan dikelompokan berdasarkan kualifikasi yang telah ditentukan. Selain itu evaluasi juga dapat menghasilkan rekomendasi salah satunya apakah yang bersangkutan direkomendasikan untuk memegang jabatan tersebut – qualified  atau over qualified.

  1. Melakukan Assessmen Kompetensi untuk mendapatkan “Personal Profile Competency”  yang mengacu pada kamus kompetensi yang telah dimiliki oleh perusahaan Anda.
  2. Untuk mendapatkan gambaran kekuatan  dan  kelemahan diri yang berkaitan dengan kompetensi tersebut di atas, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam rangkaian proses pembinaan dan pengembangan para pegawai.
  1. Assessment Center adalah sebuah metode untuk menggali gambaran dan potensi individu melalui pendekatan terpadu sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih komprehensif. Untuk mencapai hal tersebut, pelaksanaan Assessment Center harus mengikuti kaidah-kaidah:
    • Menggunakan sejumlah teknik untuk dapat mencakup pemahaman sejumlah karakteristik psikologis yang diinginkan. Kegiatan-kegiatan di dalam Assessment Center dirancang khusus untuk mewakili kondisi kerja yang sesungguhnya agar dapat lebih akurat menggali aspek penting yang ingin dilihat.
    • Assessment dilakukan terhadap sejumlah dimensi perilaku atau kompetensi yang diperoleh melalui pengkajian terhadap tuntutan kerja.
    • Evaluasi dilakukan mengacu pada sejumlah dimensi atau kriteria yang diperoleh melalui pengkajian terhadap bidang kerja yang dimaksud.
  2. Kegiatan pelaksanaan Assessment Center biasanya diberikan untuk level Managerial ke atas di suatu organisasi.
  3. Metode ini, dapat sangat membantu manajemem untuk melengkapi data “Fit and Proper Test untuk memilih pejabat yang dibutuhkan.
  4. Metode assessment centre merupakan suatu alternatif sekaligus inisiatif yang dianggap memiliki validitas yang tinggi dalam mengidentifikasi kompetensi organisasi serta mengukur kompetensi SDM yang dimiliki oleh organisasi.
  5. Metode ini dinilai lebih objektif untuk sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan yang berkaitan dengan permasalahan sumber daya manusia; karena validitasnya yang tinggi dibanding dengan alat pengukuran lain, seperti: interview, psikotes standar, graphology, referensi, dan lainnya.