Assessment Center

Assessment Center

Assessment Centre adalah sebuah prosedur atau kegiatan yang digunakan untuk mengevaluasi SDM guna pengembangan. Proses penilaian yang dilakukan dalam assessment center dilakukan dengan berbagai metode (multiple methods) – multiple approach, multiple assessor, sehingga akan diperoleh gambaran yang lebih lengkap dan lebih akurat mengenai (kemampuan) dan potensi yang dimiliki oleh tenaga kerja tersebut. 

Tujuan Assessment Center :

  • Untuk mendapatkan indikasi terbaik dari kemampuan aktual atau potensi untuk melakukan tugas yang ditargetkan pada level atau tingkat tertentu.
  • membantu management dalam membuat keputusan promosi / diagnosis keberhasilan secara objektif dan memberikan data mengenai kekuatan / area yang perlu dikembangkan.

Sehingga secara umum, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode assessment center memberikan manfaat pada perusahaan dan karyawan. Bagi karyawan dengan adanya metode ini, maka mereka akan dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kinerjanya. Hal tersebut perlu dikembangkan sehingga akan memberikan kesempatan pada karyawan untuk tumbuh dan berkembang, sehingga akan bersemangat di dalam melaksanakan tugasnya dan bagi perusahaan akan mendapatkan efek dari pengembangan karier para karyawannya dari segi produktivitasnya dan juga kinerja perusahaan itu sendiri.

METODE

Metode assessment center yang digunakan disini yaitu para peserta diwajibkan mengerjakan test yang meliputi :

  1. General Competency
  2. Core Competencier
  3. Building Trust
  4. Customer Focus
  5. Strive For Excellence
  6. Contonuous Learning
  7. Compelling Communication

Test tersebut mampu menstimulir munculnya berbagai perilaku dan reaksi seperti dalam situasi kerja sehari-hari.

SAJIAN HASIL

Sajian hasil yang akan dikeluarkan yakni berupa uraian lengkap mengenai peserta dalam berbagai kompetensi yang dibutuhkan, kelebihan, kekurangan yang ada serta tercantum juga saran pengembangannya. Selain itu juga dilakukan presentasi hasil kepada atasan peserta atau pemberian umpan balik dalam bentuk konseling singkat untuk mendorong peserta melakukan self improvement.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tidak ternilai istimewa bila yang dilakukan serupa dengan kebanyakan orang, berpikir dan bertindaklah yang berbeda dan berkesan

— Anonymous

Kami

© 2020 - www.ppsdm.com